Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

rss

Kamis, 18 November 2010

Kelebihan dan Kekurangan Yahoo & Gmail


Kelebihan dan Kekurangan Yahoo
Kelebihan :
1. sebagai surat menyurat
2. salah satu web yang menyediakan fasilitas gratis
3. banyak fasilitas yang disediakan
4. berhubungan dengan orang lain lebih mudah dan banyak yang menanggapi karna termasuk situs local
5. Yahoo mengeluarkan fitur Yahoo! Messenger via Yahoo! Mail sehingga pengguna email Yahoo dapat ber-messenger ria ketika sedang membuka email.


kekurangan :
1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2. sering disalahgunakan karna terlalu mudah membuat ID
3. Skin untuk YM masih sangat simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak

 Kelebihan dan Kekurangan Gmail
·      Kelebihan GMail

Hampir mirip dengan aplikasi desktop email seperti Microsoft Outlook (Windows), Apple Mail (Mac), dan Microsoft Entourage (Mac). GMail bisa menyortir email, memfilter email, kategorisasi email, dan menulis email. GMail hanya membutuhkan koneksi internet yang ringan dan stabil. Dial-up bisa, asalkan tidak tersendat-sendat.

Kapasitas Nyaris Tak Terbatas. Selama hampir 3 tahun menggunakan GMail tanpa menghapus satupun email, masih kurang dari 15% kapasitas yang terpakai. Jadi GMail tidak ada bedanya dengan email berkapasitas tanpa batas.

Fasilitas Search. Anda tahu betapa hebatnya Google Search? Google mengaplikasikan kemampuan Google Search ke dalam GMail untuk mencari email anda yang sangat banyak.

Terintegrasi dengan Aplikasi Google Lainnya. Beberapa di antaranya adalah Google Docs and Spreadsheet dan Google Calendar. Ketika anda menerima email dengan attachment berupa file Word dan Excel, maka anda langsung dapat membacanya via Google Docs and Spreadsheet. Ketika anda menerima undangan rapat, anda bisa langsung menyimpan ke Google Calendar.
Chatting dengan Google Talk. Jika rekan anda online dan juga menggunakan GMail, anda bisa Chat dan log-nya dapat dicari menggunakan fasilitas search.

POP dan Forwarding. Ya, Google tidak se-egois pesaingnya yang hanya membuka fasilitas POP dan forwarding hanya kepada pengguna yang membayar. Bagi yang tidak tahu: POP untuk meng-download email dari GMail ke komputer rumah anda sehingga dapat anda baca offline, Forwarding untuk mengirimkan email yang masuk ke GMail ke email lain secara otomatis. Hebatnya lagi, GMail dapat meng-download email dari penyedia email lain yang menyediakan fasilitas POP.

Filter dan Label. GMail menyediakan fasilitas filtering dan labeling secara otomatis bagi email yang baru masuk. Label dapat dianalogikan seperti Direktori dalam harddisk. Jadi dengan aturan yang sudah anda tetapkan pada Filter, maka email yang masuk otomatis langsung menuju Label yang anda tentukan. Contoh: email dari alamat email pasangan langsung masuk ke Label "My Love".

Kerja Sama Anti-Spam. Jika anda menemukan email spam yang tidak dikenal di Inbox anda, tinggal menekan tombol "Report Spam", maka alamat email tersebut dikenali oleh GMail dan langsung memfilter alamat email yang sama dari Inbox orang lain.

Google Desktop. Bisa mencari email pada GMail anda tanpa membuka Web Browser.
Google Apps. Merupakan fasilitas paling rumit dan membutuhkan bantuan tangan IT Professional yang pernah pengalaman menangani. Kelebihannya adalah GMail dapat diimplementasikan ke dalam domain milik anda atau perusahaan anda. Jadi anda buka email personal atau office menggunakan seluruh fasilitas GMail.

Dengan akun Gmail kita bisa registrasi banyak user hanya dengan 1 akun email aja
seprti registrasi webhosting,facebook,myspace,paypal,dll. Gmail memang sangat menarik dari segi fiturnya dan dari segi penggunanya juga semakin bertambah, dari mulai kostumisasi skin, hingga kemudahan untuk melacak email yang memiliki kesamaan tema.

                         Namun, layanan Gmail juga memiliki beberapa kekurangan.

Tidak ada menu drag and drop. Fitur drag and drop email telah support di Yahoo, namun tidak di Gmail. Tampaknya sederhana, namun pada dasarnya user akan lebih senang yang praktis, ketimbang harus me-check semua email dan kemudian memilih folder lainnya ketika memindahkan sebuah email.

Fitur delete. Memang shortcut keyboard sudah ada di Gmail, namun untuk shortcut penghapusan email bukan berupa tombol yang biasa digunakan, yakni “Delete” di keyboard, malah tombol “#”.

Fitur label. Gmail tidak menyediakan fasilitas pembuatan folder baru, tapi hanya berupa penberian label baru di masing-masing email. Fasilitas ini memiliki kelemahan yakni email masih akan tetap tampil di kotak inbox.

Scan email. Gmail memang melakukan scanning email di semua inbox, sehingga Google dapat memasang iklan yang tepat sasaran. Oleh karena itu, email user bisa dibaca orang lain, dan pemilik inbox tidak bisa berbuat apa-apa, mengingat itu semua adalah layanan dari Gmail.

Statis signature. Layanan email lain masih memberikan fasilitas membuat lebih dari satu signature untuk banyak alamat email. Namun, di Gmail user harus repot mengganti signature secara manual setiap alamat email yang berbeda.
                                                                                          


0 komentar:


Poskan Komentar