Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

rss

Sabtu, 08 Januari 2011

DIBALIK AURAKU

Oleh : Nanik Hermawati ASC

DIBALIK AURAKU

           Namaku Dewi Sri, orang sering memanggilku Dewi, sesuai dengan namaku aku seorang wanita yang anggun, ceria, dan yang paling aku suka adalah aku tidak sulit untuk tersenyum, namun mimpi yang terulang hingga tiga kali membuatku gundah dan mengubah diriku.
           “Dewi, kau memang wanita yang anggun, tetapi sayang…untuk wanita seusiamu, kamu termasuk wanita yang tidak laku. Auramu jelek,” kata – kata nenek tua di dalam mimpi itu berhasil mengusik hari – hariku.
           “Dewi, tolong kerjakan berkas ini, secepatnya,” suara atasanku mengagetkanku.

           “Iya, iya Pak,” jawabku gugup.

           “Dewi, kalau kerjamu terus begini, saya bisa pecat kamu dari sini,” bentak atasanku yang beberapa kali memergokiku melamun.

           “Maafkan saya,” kataku.
           Beberapa kali aku pijat pundakku, lelah sekali rasanya meyelesaikan berkas – berkas yang lalai aku kerjakan. Aku ambil tas kerjaku yang teronggok di ujung meja dengan lunglai aku berjalan pulang menyusuri koridor kantor yang telah sepi, tinggal aku sendiri.
           “Dewi, tunggu,” panggil seseorang dari arah belakang, mendadak bulu kudukku berdiri, merinding, aku berhenti.

           “Dewi, ada apa ?” Tanya sosok yang mulai jelas dipandanganku, ternyata temanku, Maryam.

           “Kau ini membuat aku kaget saja,” jawabku sedikit meraju.

           “Aku sengaja menunggumu pulang,” jelas Maryam sambil tersenyum yang tak bisa kuartikan maknanya.

           “ Ada apa ? Atau jangan – jangan kamu sengaja menungguku untuk menakut – nakutiku ya ?” Tanyaku penuh selidik.

           “Jangan su’udzon dulu, aku juga baru pulang kok, kerjaanku menumpuk,” jelasnya.
Aku terdiam sesaat.

           “ Ada apa Wi ?” Tanya Maryam dengan nada khawatirnya.

           “Emm…apa benar orang nggak laku itu karena auranya jelek ? Sebenarnya aku mau nggak percaya tapi nyatanya sampai sekarang aku belum pernah punya pacar,” Tanyaku tiba – tiba.

           “Hah !” Respon yang sebenarnya tidak aku inginkan. “Kata siapa ?” Lanjutnya.

           “Sudah tiga kali aku mimpi didatangi nenek tua, katanya aku nggak laku karena auraku jelek, apa benar begitu ?” Tanyaku semakin penasaran.
Aku lihat Maryam tersenyum yang lagi – lagi tak bisa aku artikan. Lalu dia merangkul bahuku.

           “Besok aku tunggu di depan gang delima ya, jam delapan pagi, jangan lupa, assalamu’alaikum,” kata Maryam yang semakin membuatku bingung.
Belum sempat aku bertanya maksudnya, Maryam sudah beranjak dari tempatnya berdiri.
                                                                           ***
           “Mbak Dewi, Rini pergi dulu ya…,” pamit adikku, Rini.

           “Mau kemana Rin ?” Tanyaku heran dengan dandanannya yang ngejreng.

           “mau jalan mumpung malam minggu mbak,” jelasnya tanpa melihat kepadaku.

           “Sama siapa Rin ?” Tanyaku menyelidiki.

           “Aduuuh mbak Dewi ini kebanyakan nanya !” Jawab Rini sambil memakai high heelnya.

           “Rin, kamu itu tanggungan mbak di sini, mbak harus tahu kamu kemana, jalan sama siapa…,” jelasku kepadanya.

           “Mbak Dewi, Rini itu sudah gede, bisa jaga diri sendiri, apa jangan – jangan Mbak takut kesaingan sama Rini ? Karena Mbak Dewi nggak laku – laku ?” Bantahnya yang membuat aku semakin marah.

           “Rini !” Bentakku dengan suara serak, karena menahan amarah yang sudah bergejolak di dada

           “Sebaiknya, Mbak Dewi urus sendiri urusan Mbak, nggak usah ikut campur urusan Rini,” lanjutnya sambil membanting pintu rumah.

           Malam ini aku benar – benar sulit memejamkan mata, tidak sedetik pun aku mengantuk, kata – kata Rini tadi benar – benar terngiang di telingaku. Aku memang hidup berdua di kota Yogya ini, aku bekerja sedangkan Rini kuliah di semester tiga. Orangtua kami sibuk dengan urusan mereka, sehingga kami putuskan untuk merantau dan tinggal jauh dari mereka.

            Ingin rasanya mengadu pada mereka tentang sikap Rini yang berubah sejak lulus SMA, namun aku tidak pernah yakin mereka akan peduli, jadi aku urungkan niatku hingga hari ini.

            Dering jadul yang bersumber dari hapeku bersuara keras pagi ini, memecahkan kebutaan pagi dan mengganggu pendengaran orang – orang yang masih berselimut.
Aku raba meja dekat ranjang tidurku, berusaha menemukan sumber bunyi yang semakin memekakkan siapa saja yang mendengarnya.
            “Assalamu’alaikum, Dewi aku tunggu di depan gang delima ya,” kata suara di seberang sana , Maryam.
Aku berusaha mengingat janjiku kemarin.
            “Dewi,” panggil Maryam lagi.

            “Iya, maaf aku lupa, 10 menit lagi aku sampai,” jawabku berusaha meyakinkannya.

            “Ucapkan insya Allah,” katanya lagi yang membuatku semakin bingung.

            “I, iya ins..ins…” jawabku gugup.

            “Insya Allah Wi,” jelasnya lagi mengulangi perkataannya.

            “Iya insya Allah,” tiruku.

            “Ya sudah assalamu’alaikum,” katanya mengakhiri panggilannya.

                                                                            ***
            Aku telusuri perumahan demi perumahan demi sampai lebih cepat ke depan gang delima tempat janjiku dengan Maryam. Di ujung gang aku lihat seseorang melambaikan tangannya ke arahku yang aku yakini adalah Maryam. Aku bergegas menghampirinya.
            “Sudah siap ?” Tanya Maryam kepadaku.

            “Siap apa ?” Aku malah balik bertanya.

            “Ke sana ,” jawabnya singkat sambil mennjuk sebuah bangunan yang masih terasa asing bagiku, masjid. Aku diam sambil menunduk.

            “Ini,” kata Maryam lagi sambil menyodorkan bungkusan kecil.

            “Apa lagi ini ?” Tanyaku semakin tak mengerti. Bukannya menjawab, Maryam malah merangkulku menuju toilet masjid khusus wanita.

            “Sekarang buka dan pakai,” perintahnya lembut. Aku setuju saja, daripada semakin penasaran, batinku.

 Aku buka bungkusan itu perlahan, aku terbelalak melihat isinya, kerudung beserta baju yang asing bagiku. Aku mengernyitkan dahi tak mengerti maksud Maryam.

            “Pakai sajalah,” kata Maryam lagi dan lagi – lagi aku menyetujuinya.

Sebentar aku memakainya dan kulihat wajah Maryam yang sumringah.

            “Kamu cantik Wi,” ucap Maryam.

            “Kamu pintar membuatku malu,” jawabku sekenanya. Kemudian, tanpa disuruh Maryam membenarkan kerudungku dengan tangan lembutnya.

            “Kita masuk Wi,” kata Maryam kemudian sambil menggandeng tanganku, aku sedikit tersentak saat aku melihat banyak wanita berkerudung seusiaku berada di dalam masjid yang menurutku sangat megah ini. Sempat ingin aku urungkan niatku, namun tatapan Maryam membuatku merasa yakin.

            “Dewi, kamu bisa mengaji ‘ kan ?” Tanya Maryam, membuyarkan lamunanku.

            “Emm…dulu bisa sedikit, tapi sekarang nggak tahu, sejak aku memutuskan untuk hidup sendiri, jauh dari orangtuaku aku terlalu sibuk bekerja,” jawabku ragu – ragu.

            “Kalau begitu aku bacakan arti ayatnya ya, tapi kamu harus tetap belajar mengaji lagi,” kata Maryam lembut. Aku mengangguk setuju.

            “Surah Al Isro’ ayat 32, ini berkaitan dengan apa yang kamu resahkan kemarin Wi,” jelasnya, aku serius mendengarkannya. “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan seburuk - buruk jalan,” lanjutnya, aku terpaku mendengarkannya.

            “Kamu bilang auramu jelek, alasannya sampai hari ini kamu belum punya pacar ‘ kan Wi ?” Tanya Maryam lebih lanjut. Aku mengangguk lagi. “Dewi…, pacaran itu termasuk hal yang mendekati zina, jadi harusnya kamu bersyukur belum pernah pacaran,” jelasnya.

            “Terus, masalah aura ?” Tanyaku masih mengungkit masalah aura. Maryam tersenyum kecil.

            “Jodoh, maut, dan rejeki itu ada di tangan Allah Wi …, masa’ iya kita akan terkena azab-Nya bila kita menaati perintah-Nya ?” Maryam malah balik bertanya kepadaku, aku mengangguk mulai mengerti.
Pembicaraan – pembicaraan bersama Maryam terus berlanjut sampai hal – hal yang kompleks, penjelasannya seakan menyegarkan kembali jiwaku yang merindukan hal – hal seperti ini. Kadang kami selingi dengan cengkerama dan celoteh – celoteh yang menyegarkan.

                                                                               ***

             Malam ini aku tak bisa tidur, bukan karena kelakuan Rini atau mimpi itu, tapi karena hari ini, aku merasa hatiku begitu indah bersama Maryam, guru baruku.

Hoek…hoek…

Aku mendengar suara dari kamar mandi, sepertinya…ahh…

             “Rin, Rini,” panggilku sambil berjalan ke arah kamar mandi.

             “Rin, kamu masuk angin ?” Tanyaku lagi, setelah tahu tidak ada jawaban.
Beberapa saat hening dari arah kamar mandi, aku semakin khawatir.

             “Rin, Rini, buka pintunya !” Aku terus menggedor pintu kamar mandi. Dengan sekuat tenaga aku berusaha menerobos masuk. Mataku sungguh terbelalak menyaksikan apa yang sedang terjadi di hadapanku, Rini tak sadarkan diri dengan obat – obat yang aku tak mengerti berserakan di sisinya. Aku berusaha tetap tenang, walaupun pikiranku begitu kalut. Gemetar tanganku memencet nomor – nomor yang ada di telepon rumah, berusaha menghubungi rumah sakit terdekat.

             Dua jam lebih aku menunggu di depan ruang tempat Rini dirawat, rasa kantuk yang menyerangku tidak aku hiraukan.

             “Dewi !” Panggil seseorang yang tak asing buatku, Maryam. Aku menoleh ke arahnya yang sebelumnya memang sudah aku hubungi untuk datang.

             “Bagaimana keadaannya ?” Tanyanya.

             “Kata dokter dia hamil dan mencoba menggugurkannya,” jawabku dengan tatapan kosong tanpa menoleh ke arahnya. Spontan Maryam memelukku, segera saja gejolak batin yang sejak tadi aku tahan pecah, aku menangis.

             “Dewi, yang sabar ya…,” katanya sambil mengelus punggungku.

             “A, a, aku merasa bukan kakak yang baik buat Rini,” jawabku terbata – bata diiringi dengan isakanku.

             “Rini pasti juga merasa bukan adik yang baik buat kamu Wi,” katanya.
Perlahan aku melepas pelukannya, tangan lembutnya mengusap air mataku yang mengucur deras.

             “Apa sekarang kamu masih percaya dengan aura – aura itu Wi ?” Tanyanya lagi.

             “Apa kejadian ini ingin menunjukkan apa yang aku pikirkan selama ini nggak benar ?” Aku malah balik bertanya.

Maryam hanya tersenyum mendengar pertanyaanku.

             “Dewi, sebagai manusia kita boleh berencana sebanyak – banyaknya dan menuliskannya dengan pensil, tapi jangan lupa kita harus menyerahkan penghapusnya kepada Allah, biarkan Dia menghapus bagian dari rencana kita yang salah dan menggantikannya dengan rencana yang lebih indah. Dewi, kita harus ingat Allah lebih tahu apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita minta,” jelas Maryam panjang lebar, tapi saat itu aku sudah tertidur di pundaknya.
                                                                              ***
              Kejadian beberapa hari lalu membuatku sadar dan semakin mendekatkan diri kepada yang Maha Hidup, menyumbangkan sedikit tenagaku kepada mereka yang membutuhkan, belajar mengaji lagi, aku semakin merasa aku telah banyak membuang waktuku.

              “Wi, sepertinya auramu yang mengantarkan kamu ke sini,” kata Maryam ketika melakukan bakti sosial bersama remaja masjid.

              “Ahh…aku tidak percaya dengan aura lagi,” jawabku sambil tersenyum. “Sekarang yang terpenting bagiku adalah bukan aku yang dipengaruhi oleh aura, tapi aku yang harus mempengaruhinya,” lanjutku.

              “Jadi, sekarang nggak takut lagi dibilang nggak laku ?” Ejek Maryam menimpaliku.

              Aku menggelengkan kepala dengan mantap meyakinkan sahabat sekaligus guru baruku, Maryam.
Langit temaram senja ini menambah indah hariku, meyakinkan hatiku untuk terus meniti jalan - Nya, sedikit demi sedikit aku rubah hidupku menjadi yang lebih diridhoi – Nya. Sekarang aku semakin yakin bahwa aku hidup hanya untuk Yang Maha Hidup, Allah SWT.


                                                                              SEKIAN

0 komentar:


Posting Komentar